Monday
Sep 01st
Text size
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Teknologi Business Tech SMKN 1 SUKORAMBI TEMUKAN BIBIT LELE UNGGUL

SMKN 1 SUKORAMBI TEMUKAN BIBIT LELE UNGGUL

E-mail Print PDF


Jember,Extremmepoint:-Menjelang akhir tahun 2011 ini, SMKN 1 Sukorambi Jember kembali mendapatkan pujian. Ini karena, sekolah tersebut berhasil meraih  prestasi yang cukup spektakuler atas pengembangan inovasi genetika perikanan hasil persilangan antara jenis lele Afrika dan lele Python.

 

Pengembangan inovasi baru ini cukup menakjubkan karena hasil yang diperoleh berbeda dengan jenis ikan lele pada umumnya, khususnya pada warna kulitnya yang cenderung berbintik-bintik dan ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Sehingga dari temuan baru yang diusung pada acara pameran inovasi teknologi SMK se Indonesia di Mataram Nusa Tenggara Barat ini, SMKN 1 Sukorambi banyak mendapat dukungan dan ucapan selamat dari Direktorat PSMK Departemen Pendidikan Nasioanal dan berharap pada sekolah lain untuk melakukan langkah yang sama.
    
Kepala SMKN 1 Sukorambi Jember, Drs Rinoto MM mengatakan, jenis ikan lele hasil persilangan dua indukan lele Afrika dengan lele Python itu  merupakan karya besar yang dilakoni langsung oleh guru dan siswa. Karya besar ini tidak lepas dari keuletan dari para guru dan siswa untuk selalu berinovasi dan berimprovisasi di sector perikanan yang hasilnya dapat dipersembahkan untuk peningkatan budidaya perikanan sekaligus untuk kesejahteraan masyarakat.

“Karena hal ini merupakan temuan baru dengan standar teknisi tingkat pertumbuhan lebih cepat dari pada lele yang lain. Dalam waktu dekat ini akan dihakpatenkan kepada pemerintah, agar temuan itu tidak disalahgunakan oleh elemen lain,” tandasnya, Sabtu (15/10) kemarin.

Mengenai nama untuk lele varietas baru hasil temuannya yang belum diberi nama itu, Rinoto menyatakan, pihak sekolah saat ini tengah berusaha mencari nama yang tepat sebagai bentuk aplikasi hebat dari para guru dan siswa yang telah bekerja secara serius. Dia juga berharap, kegiatan pengkajian dan penelitian untuk temuan-temuan seperti itu bisa lebih diintensifkan, tidak hanya pada jenis ikan lele, tapi pada ikan jenis yang lain.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Kemasyarakatan, Ir Rudy Nur Buana, M.Si, menambahkan, ikan lele hasil persilangan yang berhasil dikembangkan memiliki keunggulan yang berbeda dengan lele pada umumnya. Diantaranya daya tetas mencapai 95%, tingkat pertumbuhan lebih cepat yang bisa panen dalam waktu kurang lebih 3 bulan mulai dari telur menetas.

Ketua Jurusan Agribisnis Perikanan SMKN 1 Sukorambi Jember, Moh Sholeh, mempredikasi bibit baru lele hasil inovasi SMKN 1 Sukorambi, akan memenuhi pasokan pasar ikan segar. Mengingat 1 pasang indukan ikan lele mampu menghasilkan sekitar 50 ribu anakan atau benih.

Sementara Plt Kabag Humas Pemkab Jember, Drs Joko Soponjono, M.Si, mengungkapkan rasa kagumnya atas upaya yang dilakukan SMKN I Sukorambi. Hasil inovasi seperti ini kata Joko, sebisa mungkin terus dikembangkan ke jenis ikan yang lain.

Sehingga dengan langkah seperti ini, Kabupaten Jember pada masa yang akan datang, bisa menjadi sentra pengembangan ikan untuk konsumsi. “Ini sangat membanggakan dan menguntungkan masyarakat, terutama petani ikan, karena dengan varietas baru ini, peluang petani untuk mendapatkan keuntungan akan semakin terbuka,”(SALAM)

 

Comments (0)
Write comment
Your Contact Details:
Comment:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img]   
:D:angry::angry-red::evil::idea::love::x:no-comments::ooo::pirate::?::(
:sleep::););)):0
Security
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
 

Hot topic

 

Kepsek SMPN 3 Bangil Sangkal Adanya Pungli

Pasuruan,extremmepoint.com :  -  Permintaan sejumlah uang dari pihak sekolah kepada wa...

 

PARKIR LIAR MARAK DI APOLLO GEMPOL

Pasuruan,extremmepoint.com ;  - Jalan di bundaran Apollo Gempol Kabupaten Pasuruan seti...

 

Pesawat Boieng 737 Siap Selamatkan Korban

Selayar,extremmepoint.com : - Kapal Motor Isabella yang mengangkut lima puluh satu orang...

 

PASAR PASREPAN LUDES TERBAKAR

Pasuruan, Extremmepoint.com : - Di saat Warga Pasuruan  sibuk bersilaturahmi ke sanak s...

 

Masyarakat Kampung Pa’batteang Ciptakan Ragam Kemajuan Bersama PNPM

Selayar,extremmepoint.com : - Sinergitas dan harmonisasi hubungan antara institusi Pemer...

Jasa Antar

Extremmepoint Project

Legal Consultant/Lawyer

KANTOR HUKUM/ LAW FIRM
SATYA WIRA JUSTISIA


Jl. Kartini 30 Surabaya 60263
Telp. (031)5678860, (031)71381232
Fax. (031)5678860

Who's Online

We have 157 guests online