Sunday
Oct 26th
Text size
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Metropolitan Kabar Surabaya Hasil Pelayanan DISPENDUK Surabaya Menyisakan Kekecewaan Warga Surabaya

Hasil Pelayanan DISPENDUK Surabaya Menyisakan Kekecewaan Warga Surabaya

E-mail Print PDF


Surabaya,Extremmepoint.com-; Setiap harinya DISPENDUK kota Surabaya yang beralamatkan di Jl. Manyar Kertoarjo No.6 masih dipadati para warga Surabaya yang mengurus surat-surat yang berhubungan dengan kepentingan kependudukan warga serta masyarakat Surabaya. Adapun para warga serta masyarakat yang telah mengurus sampai di kantor Dispenduk sebelumnya telah melewati persyaratan prosedur mulai dari RT  / RW, Kelurahan, sampai tingkat Kecamatan selanjutnya harus rela antri untuk bisa menyelesaikan dan mendapatkan apa yang menjadi suatu kewajiban bagi warga negara Indonesia yaitu mempunyai KTP, Akte kelahiran, Kartu Keluarga maupun Surat Nikah.

Team Extremmepoint.com menelurusi dan melihat bahwa  lonjakan kepengurusan surat-surat penting warga serta masyarakat Surabaya dikarenakan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan, khususnya akte kelahiran. Kondisi berpengaruh pada penyelesaian pembuatan akte kelahiran. Pada kondisi normal, akte kelahiran bisa selesai dalam waktu tiga hari hingga satu minggu, sekarang rata-rata akte kelahiran baru selesai dalam waktu sebulan.

Extremmepoint.com mengungkapkan, tingginya permintaan akte kelahiran itu diduga juga tidak terlepas dari rencana pemberlakuan Perda No 2 Tahun 2008 tentang Administrasi Kependudukan (Adminduk), 1 Maret. Setelah perda berlaku secara resmi, sanksi-sanksi yang ada di dalamnya juga akan diterapkan. Diantara sanksi yang tertuang dalam Perda Adminduk, warga yang terlambat mengurus akte kelahiran akan dikenai denda antara Rp 50.000 hingga Rp 1 juta. Selain itu, untuk keterlambatan lebih dari setahun, mereka diharuskan membawa surat penetapan dari Pengadilan Negeri (PN). Rencana di berlakukannya UU NO 23 Tahun 2006 Tentang Adminitrasi Kependudukan Pasal 27 ayat 1 dan Peraturan Presiden NO 23 Tahun 2008 Tentang Persyaratan Sipil dan Tata Cara Pendaf tran Penduduk dan Pencatatan Sipil pasal 51 ayat 1, sebagai landasan pelayanan kepada masyarakat yang salah satunya Pelayanan Pencatatan Akta Kelahiran serta Surat Edaran Menteri Dalam Negeri NO:472.11/1112/MD tanggal 11 Maret 2009 Tentang batas waktu pelaksanaan program Dispensasi Pelayanan Pencatatan Kelahiran yang harus berakhir 2011, warga masyarakat yang belum mempunyai Akte Kelahiran ramai-ramai mengurus bukti kelahiran. Bisa jadi, masyarakat khawatir terkena sanksi dalam perda itu sehingga mereka berbondong-bondong mengurus akte kelahiran. Sementara, untuk saat ini hingga 1 Maret nanti, denda itu belum diterapkan.

Investigasi Team Extremmepoint.com ketika berkunjung ke DISPENDUK menemukan beberapa warga yang sudah antri sebulan untuk mendapatkan surat penting Akte kelahiran anaknya harus kecewa karena hasil dari Akte kelahiran tersebut tidak sesuai dalam pencetakan nama yang sesungguhnya, sehingga antara data dan fakta  berbeda dikarenakan ketidak benaran dalam penulisan. Padahal berkas-berkas dalam pengurusan sampai tingkat Dispenduk sudah lengkap. (30/03)

Team Extremepoint.com menanyakan kepada salah seorang warga yaitu  Ibu Kris  yang mau mengambil hasil Akte kelahiran anaknya setelah sebulan menunggu menemui adanya kekeliruran dalam hasil pencetakan nama dan harus dibenahi kembali untuk 10 hari mendatang jawab petugas loket yang ternyata siswi-siswi SMK Dr. Sutomo Surabaya yang tengah menjalani Praktek Kerja Lapangan atau (PKL). (30/03)

Ibu Kris merasa kecewa atas pelayanan petugas Dispenduk yang kurang profesional atas tanggapan mengenai kekeliruan penulisan nama dan hanya menugaskan siswi yang tengah PKL untuk memberikan penjelasan, maka  Ibu Cris pulang sambil menggerutu tanda kekecewaan. Setelah kejadian tersebut Team Extremmepoint.com ternyata masih menemukan banyak warga yang mengalami kejadian serupa dengan Ibu Kris, baik itu dari pengurusan KTP, maupun Surat Pindah Penduduk.

Pelayanan DISPENDUK Surabaya sampai saat ini masih menjadi bahan gunjingan dan pembicaraan bagi kalangan warga serta masyarakat Surabaya dalam pengurusan surat-surat penting. Team Extremmepoint.com akan mengorek kejadian kasus-kasus lain warga serta masyarakat Surabaya dalam melakukan pengurusan di kantor DISPENDUK Surabaya, dalam berita selanjutnya hanya di www.extremmepoint.com. iPUNG

Sumber foto;-

 

 

Comments (0)
Write comment
Your Contact Details:
Comment:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img]   
:D:angry::angry-red::evil::idea::love::x:no-comments::ooo::pirate::?::(
:sleep::););)):0
Security
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
Last Updated ( Thursday, 31 March 2011 18:45 )  

Hot topic

 

PUNGLI DI M.A.N BANGIL MERESAHKAN

Pasuruan-  extremmepoint.com :  -  Mahalnya biaya pendidikan kian dirasakan masyaraka...

 

Gedung Ketahanan Pangan Sumbersuko Hampir Selesai

Pasuruan,  Extremmepoint.com : - Pembangunan lumbung pangan yang berada di di Desa Sumb...

 

Kepsek SMPN 3 Bangil Sangkal Adanya Pungli

Pasuruan,extremmepoint.com :  -  Permintaan sejumlah uang dari pihak sekolah kepada wa...

 

PARKIR LIAR MARAK DI APOLLO GEMPOL

Pasuruan,extremmepoint.com ;  - Jalan di bundaran Apollo Gempol Kabupaten Pasuruan seti...

 

Pesawat Boieng 737 Siap Selamatkan Korban

Selayar,extremmepoint.com : - Kapal Motor Isabella yang mengangkut lima puluh satu orang...

Jasa Antar

Extremmepoint Project

Legal Consultant/Lawyer

KANTOR HUKUM/ LAW FIRM
SATYA WIRA JUSTISIA


Jl. Kartini 30 Surabaya 60263
Telp. (031)5678860, (031)71381232
Fax. (031)5678860

Who's Online

We have 116 guests online